Q.E.D.

Quod Erat Demonstrandum

Kebebasan November 25, 2008

Filed under: opini — khien29 @ 1:14 am

Kebebasan adalah suatu hak yang terdapat pada setiap manusia dari lahir, dan tidak dapat diganggu gugat karena merupakan bukti bahwa kita hidup yang merupakan kodarat yang terdapat pada setiap manusia. Kebebasan berati tidak terkekang oleh apapun tetapi setiap kebebasan tidak boleh terlalu berlebihan kerana kebebasan yang tidak terkontrol dapat mengganggu orang lain dan diri sendiri. Kebebasan yang terkontrol berati kebebasan itu tidak mengganggu orang lain tetapi justru dapat membantu orang lain seperti kebebasan dalam menolong sesama dan kebebasan berpendapat, kedua kebebasan itu dapat memajukan kehidupan setiap orang agar dapat membuat kehidupan menjadi lebih baik.

Bebas berati tidak sebebas-bebasnya karena kita harus mengakui kebebasan orang lain juga, karena setiap orang memiliki kebebasannya sendiri kita harus dapat menghormatinya.

Kebebasan itu bermacam-macam seperti:

>Kebebasan berpendapat yaitu kebebasan yang mengijinkan setiap kelompok maupun individu untuk mengeluarkan pendapat yang baik atau buruk tentang suatu hal untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa dengan mengikuti aturan yang berlaku dan kita harus menghormati setiap pendapat yang dikeluarkan oleh suatu kelompok maupun individu, dan jika tidak diterima harus dapat merelakannya karena pendapat itu dinilai tidak terlalu maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa dan keputusan itu tidak dapat diganggu guagat.

>Kebebasan memilih agama yaitu kebebasan untuk memilih suatu kepercayaan yang diyakininya itu benar dan setiap orang tidak boleh langsung menuduh setiap orang yang berbeda kepercayaan sebagai pemuja aliran sesat karena itu merupakan suatu pelanggaran kebebasan sebagai seorang manusia, sebagai manusia yang mempunyai adat harus dapat menghormati segala kepercayaan seorang tanpa diskriminasi dan tidak berlaku secara terlalu fanatik, karena fanatisme adalah perbuatan orang yang tidak memiliki adat yang berlaku secara brutal dan melebih-lebihkan suatu hal yang tidak pantas dilebih-lebihkan. Sebagai menusia modern kita harus memiliki suatu kesopanan dengan berunding tetapi tidak bermain kasar.

>Kebebasan menolong sesama yaitu tindakan yang sangat mulia karena membantu orang yang tidak mampu dan merupakan sutau tindakan terpuji yang memiliki pahala besar.

Contoh pelanggaran kebebasan :

  • Perbudakan adalah kondisi di mana terjadi pengontrolan terhadap seseorang oleh orang lain.
  • Pengekangan adalah tindakan membatasi keinerja seseorang dalam melakukan suatu perbuatan.
  • Penganiayaan adalah perbuatan menyiksa seseorang dengan tiada ampun dan tanpa belas kasihan.
  • Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap suatu individu atau suatu kelompok masyarakat, diskriminasi biasa terjadi di kalangan manusia dan disebabkan karena kecerendungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain.
  • Membunuh tindakan mengambil kebebasan hidup seseorang karena suatu alasan pribadi, kebanyakan disebabkan oleh rasa dendam pada sesuatu hal.
  • Dan lain-lain.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s